Kementerian BUMN di Bawah Kepemimpinan Erick Thohir Berharap Dapat Bersinergi Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045"

Juli 24, 2024
SIMAK BERITA NEWS    .    COM,--

Kamis 25 Juli 2024,--
DKJ    --    JAKARTA,– 

Dalam konfrensi pers yang diadakan di Kedung Rasa, Pos Bloc Inventure mengadakan ngobrol santai, dengan topik BUMN Soko Guru Indionesia Maju. 

Dalam rangka mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, BUMN sungguh memiliki potensi besar memainkan peran krusial “lokomotif ekonomi” (value creator) sekaligus sebagai “benteng ekonomi” (agent of development). Dengan aset senilai Rp8.978,1 triliun, total pendapatan Rp 2.292,5 triliun, dan laba bersih mencapai Rp 124,7 triliun, dan tenaga kerja lebih dari 1 juta orang.

BUMN diharapkan menjadi pilar sekaligus katalis utama menuju Visi Indonesia Emas 2045.

Itulah salah satu poin utama yang didapat dari acara konferensi pers Indonesia Brand Forum (IBF) bersama PT Balai Pustaka dengan topik "BUMN Soko Guru Indonesia Maju: Menuju Visi Indonesia Emas 2045". 

Selain itu, dijelaskan juga bahwa dalam lima tahun terakhir, BUMN telah bertransformasi untuk menjadi lebih agile dan adaptif melalui dua strategi besar: "hard strategy" dan "soft strategy". “Hard strategy yang dimaksud yaitu mencakup pembenahan kebijakan, sistem, struktur organisasi, dan model bisnis, sementara soft strategy menekankan pada kepemimpinan dan budaya kerja.

Transformasi ini telah menghasilkan peningkatan kinerja perusahaan, dengan dividen BUMN kepada negara mencapai Rp80,2 triliun pada tahun 2022,” ujar Yuswohady selaku Founding Director IBF.Lebih lanjut dipaparkan juga bahwa dalam upaya menjadi pilar dan katalis utama menuju Visi Indonesia Emas 2045., 

ada tiga strategi utama yang diterapkan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni: 
Transformasi, Digitalisasi, dan Kolaborasi. Transformasi yaitu mencakup konsolidasi, penataan portofolio bisnis, dan restrukturisasi keuangan. 

Digitalisasi dilakukan dengan mentransformasi proses operasi, memperkaya pengalaman konsumen, dan menemukan kembali model bisnis. 

Arya Sinulingga, selaku Staf Khusus III Kementerian BUMN dalam acara konferensi pers Indonesia Brand Forum (IBF) di Jakarta, Rabu kemarin (24/7/2024), 

“sementara kolaborasi, di bawah kepemimpinan Pak Erick Thohir, kita lihat aktifnya pembentukan holding dan sinergi antar-BUMN serta dengan perusahaan lain, baik di dalam maupun di luar negeri, seperti Holding Ultra Mikro (UMi), merger BSI, dan kemitraan strategis Pelindo dengan Dubai Port,

”Sementara itu, Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama PosIND mengungkapkan, “Kolaborasi adalah strategi yang paling menonjol dari kepemimpinan Pak Erick Thohir dalam mengelola BUMN. 

Pola dan karakteristiknya jelas yaitu pembentukan holding (baik vertikal maupun horisontal) dengan berkolaborasi bersama perusahaan-perusahaan di dalam holding sehingga terdongkrak skala ekonomi, tercapai sinergi, dan tercipta nilai perusahaan yang lebih tinggi,”Acara yang diselenggaralkan di Kedung Rasa, Pos Bloc, Jakarta Pusat, itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian menuju Indonesia Brand Forum (IBF) 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2024.

Pada waktu yang sama pula Yuswohady dan Achmad Fachrodji juga menjelaskan bahwa Indonesia Brand Forum (IBF) 2024 yang merupakan kolaborasi strategis antara IBF dan Balai Pustaka, akan menampilkan dua acara utama yang sangat berharga. 

Pertama, Conference dengan tema "Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045", konferensi ini akan menghadirkan sejumlah direksi BUMN untuk membahas Transformasi, Digitalisasi, dan Kolaborasi yang telah dilakukan selama 5 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

Kedua, Book Launching. Akan diluncurkan buku dengan judul yang sama dengan tema Conference. 

Buku yang diterbitkan Balai Pustaka ini mengulas perjalanan serta strategi BUMN dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, termasuk menyoroti kepemimpinan Erick Thohir serta keberadaan AKHLAK sebagai core values BUMN. “IBF 2024 kali ini sangat strategis untuk dihadirkan dikaitkan dengan Visi Indonesia Emas 2045. 

Dalam acara Conference dan Book Launching, akan dikaji perjalanan BUMN dalam melakukan transformasi, digitalisasi, serta kolaborasi selama lima tahun terakhir di bawah kepemimpinan Erick Thohir,” ujar Yuswohady. 

Acara ini, ditambahkan Achmad Fachrodji, menunjukkan komitmen kuat IBF, Balai Pustaka, dan semua pihak dalam mendukung peran krusial BUMN sebagai pilar ekonomi Indonesia.

“Dengan visi yang jelas dan langkah strategis, kita harus optimistis bahwa BUMN akan menjadi motor penggerak utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," tandasnya.

( A . Igama )


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar