Sambut Festival Kesultanan Pagaruyuang, Bundo Kanduang Merangin Unjuk Kebolehan

Juli 19, 2023
SIMAK BERITA NEWS   .   COM,--

Rabu 19 Juli 2023 ,--
MERANGIN - JAMBI,-

Paling ujung  Kanan Ka biro Simak Berita News . Com di  Merangin - Jambi ., Muh Yazdi.


Eksistensi Organisasi Bundo Kanduang Merangin (BKM) tak diragukan lagi. Setelah sebelumnya sukses mengikuti kongres Bundo Kanduang Se-Dunia di Istana Basa Pagaruyuang Tanah Datar, Kali Ini BKM kembali mengikuti kegiatan Festival Kesultanan Pagaruyuang. 

Festival Pagaruyuang Darul Qoror Sapiah Balahan Kuduang Karatan Kapai Radai Timbang Pecahan di Negeri Luhak Nan Tuo tersebut dilaksanakan Selama 3 hari berturut-turut mulai 19-21 Juli 2023. 

Dalam kegiatan ini Bundo Kanduang Merangin  mengikuti sekuruh rangkaia Festival Seperti parade pakaian busana adat dan lomba paduan suara.Pantauan hari pertama dilapangan, Bundo Kanduang Merangin (BKM) bersama Bundo Kanduang Propinsi Jambi terlebih dahulu unjuk kebolehan berbusana adat minang mengikuti gelaran parade. 

Tampilan parade BKM dan BK Propinsi Jambi hari pertama itu tampaknya mampu membius para penonton. 

Pasalnya, disepanjang jalan menuju istana Pagaruyuang  teriakan sorak-sorei menyebut nama BKM menggema mengiringi kontingen asal Merangin dan Propinsi Jambi tersebut. 

Bahkan, antusias warga juga terlihat disaat warga mengabadikan momen "Rancak" Bundo Kanduang Merangin. 

PKetua Bundo Kanduang Merangin Emma Permata, saat diwawancarai media ini mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana Festival Pagaruyuang dan seluruh pengurus Bundo Kanduang Merangin yang ikut berkontribusi dan berkompetisi dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, kehadiran BK Merangin dalam festival itu sangat dinanti-nantikan karena dapat membawa harum nama daerah bagi warga minang yang ada di Kabupaten Merangin. "Bagi kami Festival ini sangatlah berarti. Apalagi dalam kompetisi nanti kita berhasil juara,"ujar Emma Rabu, (19/07/2023). 

Dalam kegiatan Festival Pagaruyuang tersebut Bundo Kanduang Merangin akan mengikuti lomba paduan suara yang dilaksanakan pada esok harinya. Emma optimis para peserta asal BKM Merangin mampu bersaing dengan para peserta Bundo Kanduang Kabupaten lainnya. "Kita optimis dengan penampilan BK Merangin. 

Karena persiapannya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Semoga besok meraih juara,"harapnya.BKM Merangin akan membawakan lagu wajib  Bundo Kanduang dan satu lagu pilihan dalam lomba paduan suara. 

Disini emma menyampaikan kepada para peserta agar selalu kompak jelang perlombaan dimulai. "Kebersamaan, kekompakan, musyawarah lah yang harus diutamakan. Ibarat pepatah minang, Bulek Aia Dek Pambulua, Buleh Kato Dek Mufakaik. Artinya kesepakatan dicapai melalui Musyawarah Mufakat,"pungkasnya.


(yaz)



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar